KUTIPAN MEDIA .....
 
Kontributor Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah

07 Mei 2013r Purwodadi-Semarang Lumpuh
PERINGATAN HAD XXI TINGKAT NASIONAL DI SEMARANG

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah menetapkan tahun 2013 sebagai tahun Kerjasama Air Internasional (International Year of Water Cooperation) yang merupakan Tema Hari Air Dunia XXI yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kerjasama dalam pengelolaan sumber daya air, permintaan untuk akses air, alokasi dan jasa. Dimana pada tahun 2013 sejarah insiatif kerjasama air yang sukses akan disorot, serta identifikasi isu-isu tentang semangat pendidikan air, diplomasi air, pengelolaan air lintas batas, kerjasama pembiayaan, kerangka kerja hukum nasional/internasional dan hubungan dengan tujuan Pembangunan Milenium.
Pengelolaan sumber daya air seperti cara lama yang dilakukan sendiri-sendiri atau secara terbatas oleh instansi-instansi pemerintah dan para ahli bidang air, sudah tidak dapat lagi dipertahankan karena kurang efektif memecahkan masalah. Pengalaman menunjukkan bahwa pengeloaan sumber daya air yang berkelanjutan tidak mungkin dapat dilakukan sendirian oleh pemerintah, tetapi perlu mengajak para pemangku kepentingan yang lain untuk berperan aktif bersama mengatasi permasalahan sumber daya air. Pemerintah dalam hal ini tidak lagi sebagai pemberdaya tetapi sebagai fasilitator.

Pada tahun 2013 Provinsi Jawa Tengah telah ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia untuk menyelenggarakan Peringatan Hari Air Dunia XXI Tingkat Nasional.
Acara tersebut diselenggarakan di Kawasan Kanal Banjir Barat Jl. Bojong Salaman Semarang, dipilihnya kawasan tersebut karena Sungai Kanal Banjir Barat akan ditetapkan sebagai daerah percontohan pengelolaan sungai di Indonesia dan merupakan apresiasi Kementerian Pekerjaan Umum terhadap keberhasilan pengembangan dan pembangunan sungai.

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana dan instansi terkait telah menyusun serangkaian acara untuk memperingati Hari Air Dunia XXI Tingkat Nasional Tahun 2013 sebagai berikut :

Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja Tingkat SMU dan SMP se Jawa Tengah
Pengumuman lomba disampaikan melalui Surat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Internet kepada Bupati/Walikota se-Jawa Tengah mulai tanggal 1 Maret 2013 sampai dengan 26 april 2013.
Peserta yang mendaftar sebanyak 306 orang terdiri dari 93 orang dari siswa SMA se-Jawa Tengah dan 213 orang siswa SMP se-Jawa Tengah.

Penilaian dilakukan di Kantor Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 29-30 April 2013 oleh Juri Independen dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Universitas Semarang dan Universitas Diponegoro.

Dari hasil penilaian telah ditetapkan Pemenang Tingkat SMA juara I Muhammad Annis Wichiluthfinas dari SMA Negeri 1 Pati, Juara II Aldora Duta Perdana dari SMA Negeri 1 Surakarta dan Juara II Nida Suroya dari SMA Negeri 2 Rembang.
Hadiah untuk Tingkat SMA bagi juara I mendapatkan Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 3.000.000,-, Juara II Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 2.500.000,- dan Juara III Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 2.000.000,-


Sedangkan untuk Tingkat SMP Juara 1 diraih Maulidya Dwi Anggini dari SMP 10 Tegal, Juara II Novian Adipradana dari SMP Muhammadiyah Cilacap dan Juara III Akbar As Shakhaab Fiisabilillah dari SMPN 1 Kebumen.
Hadiah Untuk Tingkat SMP juara I mendapatkan Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 2.500.000,-, Juara II Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 2.000.000,- dan Juara III Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 1.500.000,-

LOMBA GAMBAR TINGKAT SEKOLAH DASAR


Pengumuman disampaikan melalui Surat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Internet kepada Bupati/Walikota se-Jawa Tengah dengan tembusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota mulai tanggal 26 Maret 2013 sampai dengan 4 Mei 2013.

Pelaksanaan Lomba Gambar dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2013 di Kawasan Kanal Banjir Barat Jalan Bojong Salaman Semarang dilokasi Seremonial Peringatan Hari Air Dunia XXI Tingkat Nasional diselenggarakan.
Peserta yang mendaftar sebanyak 190 siswa SD se Jawa Tengah.

Penilaian dilakukan dilokasi lomba oleh Juri Independen dari Dewan Kesenian Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang dan Bp. Fajar Nursyamsujati (Pelukis)
Dari hasil penilaian ditetapkan Pemenang I Febionita Probowati dari SDN Tambak Aji 04 Semarang, Juara II Ratu Balqis Hananaqilah dari SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten dan Juara III Maysita Savira dari SDN Pekunden.

Hadiah bagi juara I mendapatkan Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 2.500.000,-, Juara II Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 2.000.000,- dan Juara III Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 1.500.000,-

LOMBA SPANDUK



Pengumuman disampaikan melalui Surat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Internet yang ditujukan kepada Para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Para Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Para Kepala Balai Besar Wilayah Sungai di Jawa Tengah dan Para Kepala Balai PSDA di Jawa Tengah mulai tanggal 1 Maret 2013 sampai dengan 30 April 2013.

Penilaian dilakukan di Kantor Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 3 Mei 2013 oleh Juri Independen terdiri dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Suara Merdeka dan Biro Humas Setda Provinsi Jawa Tengah.

Dari hasil penilaian ditetapkan Juara I dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kabupaten Banyumas, Juara II dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo dan Juara III dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang

Hadiah bagi juara I mendapatkan Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 2.000.000,-, Juara II Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 1.500.000,- dan Juara III Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Rp. 1.000.000,-

KAMPANYE SIMPATIK PEDULI AIR

Kampanye Simpatik Peduli Air dilaksanakan di Lapangan Simpang Lima Semarang pada tanggal 22 Maret 2013 mulai jam 07.00-09.00 WIB, dengan membagi-bagikan stiker dan bunga mawar di ruas jalan sekitar Simpang lima, antara lain di ruas Jalan Pandanaran, Jalan A. Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Pahlawan, Sekitar Taman KB dan Jalan Menteri Supeno, Sekitar Stadion Tri Lomba Juang, Tugumuda dan Jl. Dr. Sutomo. sebelum kampanye dilakukan Senam Pagi Bersama dengan peserta sebanyak 500 orang perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah, Dinas PSDA & ESDM Kota Semarang, Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro, SD Bernardus Semarang, SMP dan SMA Nasima Semarang.

Kegiatan ini diramaikan juga dengan Konfigurasi Tulisan Peduli Air oleh Mahasiswa Teknik Lingkungan Undip dengan diiringi nyanyian oleh para mahasiswa sehingga mendapat perhatian warga sekitar yang sedang melewati Jl. Menteri Supeno.

DILOG INTERAKTIF DI TVRI JAWA TENGAH

Dialog Interaktif dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2013 di Studio TVRI Jawa Tengah dengan nara sumber Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Budie Yuwono,ME., Rektor UNDIP Prof. Sudharto P Hadi, Kepala Bidang PJPA BBWS Pemali Juana Ir. Iriandi Azwartika, Dipl. HE dan Kepala Bidang Sumber Daya Air energi dan Geologi Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang Ir. Rosyid Hudoyo, MT.

SEMILOKA“Kerjasama Pengelolaan Sumber Daya Air”
Dilaksanakan di Gedung Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang pada tanggal 23 April 2013.
Sambutan Pembukaan oleh Ir. Pitoyo Subandrio, Dipl. HE Direktur Sungai dan Pantai Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum sebagai Keynote Speech dilanjutkan dengan Paparan-paparan oleh Ir. Pitoyo Subandrio, Dipl. HE dengan judul Pengelolaan Sungai di Perkotaan, Rektor Undip Sudharto P Hadi dengan judul Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dan Kepala Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Budie Yuwono, ME dengan judul Pengelolaan Kanal Banjir Barat Pasca Konstruksi dengan moderator dari Universitas Diponegoro DR. Ir. Purwanto, DEA.

Pada Sesi kedua Setelah Ishoma dilanjutkan paparan oleh Ir. Rosid Hudoyo mewakili Kepala Dinas PSDA & ESDM Kota Semarang dengan judul Studi Kasus Pengelolaan Sungai di Kali Semarang dan Paparan dari Tokoh Masyarakat DR. Ir. Nelwan, Dipl. HE dengan judul Solusi Banjir Berbasis Masyarakat dan Alam.

Menyadari sepenuhnya bahwa kerusakan sumber daya air dan lingkungan hidup sudah sampai pada taraf yang mengkhawatirkan, sehingga diperlukan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaannya melalui kerjasama pengelolaan sumber daya air telah di deklarasikan “Panca Karsa Kerjasama Pengelolaan Sumber Daya Air”

Deklarasi ditandatangani oleh Wakil dari Kementerian PU Bidang Sumber Daya Air Ir. Pitoyo Subandrio, Dipl. HE., Wakil dari Balai Besar Wilayah Sungai Ir. Prasetya Basuki, M.Sc., Wakil dari Pengelola SDA Tingkat Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Budie Yuwono, ME., Wakil dari Pengelola SDA Tingkat kabupaten/Kota Ir. Rosid Hudoyo, MT., Wakil Perguruan Tinggi Jawa Tengah Prof. Sudharto, P. Hadi, MES, Ph.D. , dan Wakil dari Tokoh Masyarakat DR. Ir. Nelwan, Dipl. HE.


SEREMONIAL PERINGATAN HARI AIR DUNIA XXI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2013
Seremonial Peringatan Hari Air Dunia XXI Tingkat Nasional dilakanakan di Kanal Banjir Barat Semarang pada tanggal 6 Mei 2013, dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Mohamad Hasan, Direktur Jenderal Penataan Ruang M. Basuki Hadimulyono, Sekretaris Direktur Jenderal Sumber Daya Air Mudjiadi, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Para Tamu Undangan yang terdiri dari pejabat Kementerian PU, Pejabat BBWS se-Jawa Tengah, Pejabat Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah, Pejabat Instansi Pekerjaan Umum Kabupaten/Kota se-jawa Tengah dan Rektor Undip serta Komunitas Peduli Sungai di beberapa Provinsi di Indonesia.
Dalam acara tersebut dilakukan Pembacaan Deklarasi “Panca Karsa Kerjasama Pengelolaan Sumber Daya Air” oleh Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Budie Yuwono

Penyerahan hadiah dari Menteri Pekerjaan Umum dan diterima Gubernur Jawa Tengah yang telah meraih predikat Peringkat Pertama dalam Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU) Kategori Pengelolaan Sungai tingkat Provinsi Tahun 2012 serta diberikan juga kepada Bupati Banyumas yang telah meraih predikat Peringkat I Tingkat Kabupaten.

Hadiah-hadiah lomba dalam memperingati HAD XXI juga diberikan Gubernur Jawa Tengah kepada Para Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja Tingkat SMU dan SMP, Lomba Gambar Tingkat Sekolah Dasar dan Lomba Spanduk Antar SKPD di Provinsi Jawa Tengah.
Dalam Sambutannya Gubernur Jawa Tengah berpesan kepada Pemerintah Kota dan Seluruh Warga Kota Semarang agar bisa ikut menjaga kebersihan dan keindahan sepanjang Sungai Kanal Banjir Barat sehingga tidak kotor dan kumuh lagi.

Dayagunakan Sungai Kanal Banjir Barat sebaik mungkin, bisa untuk wisata air dan wisata kuliner di tanggul kanan kiri sungai. Yang penting jaga ketertiban, keamanan, kenyamanan dan kebersihannya sehingga bisa menunjang Kota semarang sebagai Kota Tujuan Wisata dan investasi yang digandrungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sedangkan Menteri Pekerjaan Umum menyampaikan bahwa Kanal Banjir Barat merupakan sungai strategis nasional yang dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana dimana sepanjang ± 9 km telah direstorasi sehingga kualitas lingkungannya bisa terjaga dan dapat dijadikan sebagai obyek wisata baru yang menarik dan patut untuk dipromosikan sebagai contoh ruas pengelolaan lingkungan sungai yang baik.

Gerakan Restorasi Sungai yang berkelanjutan dengan fokus kegiatan untuk mendorong terbentuk dan berkembangnya komunitas masyarakat peduli sungai, terutama di kawasan perkotaan, dari hulu sampai ke hilir, guna mengembalikan kondisi dan fungsi sungai perlu didorong terus agar semakin berkembang di masa yang akan datang.

Peresmian dan penandatangan prasasti pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur di Jawa Tengah oleh Menteri Pekerjaan Umum antara lain : Rehabilitasi Bendung Simongan di Semarang, Pembangunan Bendung Cijalu Kabupaten Cilacap, Rehabilitasi Bendung Cilemeuh Kabupaten Cilacap, Pembangunan Bendung Slinga Kabupaten Purbalingga dan Pengembangan Daerah Irigasi Lanang Kabupaten Grobogan.

Dilanjutkan dengan atraksi Paramotor, Jet Ski, Perahu Hias Komunitas Peduli Sungai, Konfigurasi Tulisan Peduli Air oleh Mahasiswa Teknik Lingkungan Undip, Penanaman Pohon oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pusponjolo dan acara ditutup dengan Peninjauan Pameran dan display alat-alat OP.


 
Sampaikan saran dan masukan Anda ke : 
psda@jatengprov.go.id, dispsda@yahoo.com